Friday 2 January 2015

Perjalanan Darat Jakarta Bromo dalam Wisata Touring

Salam Wisata,

Setelah melakukan traveling Jakarta Bali 2 tahun yang lalu, akhir tahun 2014 ini kami merencanakan kembali Perjalanan Darat Jakarta Bromo untuk mengisi libur panjang dari 25 Desember sampai 2 Januari 2015. Inilah kisah kami yang bisa menjadi referensi bagi para penyuka perjalanan darat menggunakan mobil untuk menuju tempat wisata dambaan keluarga.

Kenapa Bromo ?

Bersyukurlah kita dilahirkan di Indonesia, karena keindahan yang dimilikinya membuat dunia ingin memandangnya setiap saat. Ribuan pulau yang tersebar dari sabang sampai merauke membuat pesonanya selalu dirindukan semua orang yang mampu menjangkaunya. Lihatlah betapa liburan seakan menjadi pelepas dahaga bagi anak-anak sampai orang tua untuk bisa melepas kepenatan aktivitas rutin harian dengan mengunjungi tempat rekreasi yang bisa membuka kebugaran hati dan pikiran untuk selalu membangkitkan energi baru.

Salah satu tempat yang ingin sekali banyak orang mengunjunginya adalah Wisata Gunung Bromo, hanya jarak dan biaya yang tinggilah yang menyebabkan banyak orang mengurungkan niatnya untuk mengunjunginya. Tetapi pesonanya yang terkenal jauh diseluruh dunia, menyebabkan ribuan wisatawan akan selalu memenuhi Bromo khususnya saat liburan tiba. Gunung Bromo akan selalu menjadi icon bagi profinsi Jawa Timur, karena siapapun yang sudah pernah ke Jawa Timur tidak akan lengkap kalau belum pergi ke gunung Bromo.

Setelah Bali, maka Bromo sangat memikat hati siapapun yang belum pernah mengunjunginya, karena photo-photo inilah yang membuat para petualang wisata akan memasukkan daftar wisata yang wajib dikunjungi.

Pemandangan Bromo yang Menakjubkan
  • Wisata Bromo sudah mendunia, Sunrise Bromo sangat terkenal bukan saja oleh wisatawan domestik tetapi juga wisatawan mancanegara. bahkan banyak wisatawan Bali yang memasukkan Bromo sebagai salah satu tempat yang harus dikunjungi setelah Bali. 
Sun Rise Bromo dirindukan semua yang datang.
  • Bromo adalah tempat wisata petualang karena dengan ketinggiannya 2770 mdpl, maka lokasinya sangat dingin bisa mencapai 5 derajat di saat dini hari dan 20-25 derajat di siang hari. Sehingga untuk menikmati wisata di bromo maka harus tersedia semua perlengkapan di musim dingin seperti jaket tebal, kaus tangan, pelindung kepala dan telinga serta sepatu, bahkan jas hujan perlu dipersiapkan.
Masyarakat Bromo-pun memakai pakaian tebal.
  • Bromo menyajikan kesempatan bagi wisatawan menaiki Mobil Off Road yaitu Land Cruiser hardtop yang fenomenal serta kesempatan menaiki kuda di gurun pasirnya.

Hardtop dan Kuda adalah Kendaraan Utama Bromo.
  • Bromo memiliki lautan pasir yang hampir mengelilingi gunungnya........pemandangannya tidak kalah memikat karena di latarnya terdapat gunung Bromo dan Gunung Bathok.
Padang Pasir di Gunung Bromo.

Atas dasar itulah kami sekeluarga ingin mengunjunginya untuk pertama kali bersama-sama.

Persiapan dalam melakukan Perjalanan Darat Jakarta Bromo kali ini adalah

  • Memastikan kendaraan dalam kondisi prima dalam hal : sudah service reguler, ban tidak gundul, accu mobil tidak soak, lampu-lampu tidak mati, dan sarana hiburan seperti radio, tape, dvd mobil dalam kondisi baik.
Innovaku yang setia menemani perjalan ke Bromo.
  • Gunakan mobil yang nyaman untuk perjalanan jauh seperti MPV, semua jenis SUV atau lebih dari itu. Hindari menggunakan sedan atau mobil dengan ground clearance rendah karena akan menganggu selama dalam perjalanan dengan rute jalanan jelek dan berlubang. Kali ini kami menggunakan Innova yang sudah terbukti nyaman sewaktu kami pakai menembus pulau Bali 2 tahun yang lalu.

Persiapan Keberangkatan 26 Desember 2014 pukul 10.30.
  • Persiapan semua pakaian ganti sebanyak hari lama dalam melakukan perjalanan, hal ini supaya badan berasa nyaman dengan mengganti pakaian saat dibutuhkan. Hal inilah yang menyebabkan mobil Low MPV kurang disarankan karena daya tampung untuk perjalanan 5 hari kurang lega, kecuali memakai roof rack mobil yang banyak dijual ditoko accesories. Kami memubutuhkan 1 koper super besar, 3 koper anak dan 1 koper perbekalan makanan selama perjalanan.

Innovapun penuh dengan barang bawaan untuk 7 hari perjalanan.
  • Persiapkan uang cash yang cukup karena di daerah jumlah ATM tidak sebanyak di Jakarta atau kota besar lainnya. uang cash sangat berguna selama dalam perjalanan terutama untuk biaya makan, minum, bayar tol, bayar bensin dan bayar tiket masuk ke tempat wisata.
  • Pastikan kondisi kesehatan semua keluarga yang ikut dalam kondisi prima karena jika ada satu saja yang sakit, maka akan membuat perjalanan tidak nyaman.
  • Pastikan peta perjalanan sudah disiapkan seperti google map (smart phone), atau menggunakan GPS mobil supaya membantu mempercepat sampai tujuan.

Garmin Nuvi 205 ini yang kami pakai.

  • Pastikan tempat menginap seperti hotel sudah dibooking jauh-jauh hari supaya tempat peristirahanan bisa senyaman mungkin. Dalam masa liburan sangat sulit mendapatkan tempat menginap yang bagus jika tidak dilakukan booking sebelumnya. 
Dan inilah perjalanan kami Perjalanan Darat Jakarta Bromo :

START (1)

Hari Jum'at 26 Desember 2014 pukul 11.00 Start dari rumah kami di Bekasi.
Rute yang kami ambil adalah Tol Jakarta Cikampek, melalui Saddang dan mengikuti jalur tengah yang kondisinya sudah bagus untuk perjalanan siang. Tidak disarankan menggunakan jalur tengah untuk perjalanan malam karena masih banyak jalan yang belum ada lampu penerangannya.

Rute Menuju Saddang (Jalur Tengah)
dibutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk sampai di tempat pemberhentian kami untuk melakukan sholat jum'at.

Isi penuh Pertamax 55 liter untuk innova.

Suasana lenggang jaln tol Cikampek 261214.


Memasuki Gerbang Tol terbesar di Indonesia (Cikarang Utama)


Sampai di Perempatan Saddang

ISTIRAHAT 1 - JATIWANGI (2) 12.00 - 15.30

Setelah 1 jam perjalan dari Bekasi ke Saddang, kamipun istirahat untuk melakukan sholat jum'at


Isirahat Sholat pukul 12.00 WIB.
Setelah hamnpir 45 menit Sholat jum'at, kamipun melanjutkan perjalanan menelusuri Jalur Tengah Subang, Indramayau dan Sumedang.


Jalur tengah yang lenggang.

2 Lajur kendaraan, cukup untuk melaju lancar.


Banyak dijumpai suasana kehidupan desa.

Mulus, lancar dan menyejukkan pemandangan.

mendung siap menjemput perjalanan kami.


Dari jaug hujan lebat sudah terjadi.



Pohon kayu putih banyak dijumpai di jalanan Subang-Indramayu.

Suasana daerah Indramayu tengah.

Hujan siap menghhadang perjalanan.

Hujan sangat lebat terjadi.



Menuju Cirebon, lalin macet.

ISTIRAHAT 2 JATIWANGI - TEGAL (3) 15.30- 18.40

Kami akhirnya harus istirahat di SPBU karena harus melepas lelah sehabis dihampiri hujan lebat selama menuju Jatiwangi. di SPBU kami tidak mengisi bahan bakar karena masih full, kami hanya ke toilet dan meluruskan kaki-kaki.


Posisi Istirahat di SPBU Jatiwangi.

Istirahat di SPBU 34-45317 Jatiwangi.

Tak Lupa beli Tahu Sumedang yang terkenal.


Kemacetan menjelang perempatan


Pembangunan Tol Cikamali yang sedang dikebut

Pemandangan Gunung Cereme.


Masuk tol Plumbon menjelang Magrib.


Suasan tol di Cirebon yang sunyi di sore hari.


To Pejaganpun lenggang.


Menjelang keluar Tol pejagan.

Keluar Tol pejagan Jawa Tengah.


Kami mengambil Jalur Utara (ke Tegal Semarang).








3 comments:

  1. hemmm blognya sangat bagusss...fotonya nya yang ngambil sangat pintar kayaknya...salam kenal cah klaten..aqw cah boyolali. see my blog too, http://www.jarwanto.com

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete