Sunday 19 August 2012

Honda Brio Harga, Spesifikasi dan Akselerasi

Salam otomotif

Secara meyakinkan Honda Prospek Motor telah meluncurkan Honda Brio dikelas hatchback 5 penumpang dan bermain di kelas city car yang sudah sesak dengan persaingan oleh semua ATPM seperti toyota, suzuki, nissan, cevrolet, kia dan hyundai. Di kelas ini telah ada banyak pilihan seperti suzuki splash, daihatsu sirion, kia picanto, cevrolet sprak, kian rio, hyundai grand avega, nissan march dan tidak lama lagi produk kembar toyota agya-daihatsu alya. Bagaimana Honda bisa berani bermain di kelas ini ?

Ya......trend pertumbuhan otomotif dunia ada di negara berkembang dengan penduduk yang sangat banyak seperti India, Indonesia, Brasil dan negara asia lainya. Karakteristik negara ini adalah kemampuan membeli mobil saat PDB mendekati USD 5000 per tahun, saat itulah mereka mulai bisa memiliki mobil dengan jalan kredit. Mobil yang akan booming saat PDB UUSD 5,000 adalah mobil yang dijual dengan harga < Rp 150 juta atau bahkan di bawah Rp 100 juta.

Honda di Indonesia memang telah berpengalaman memasarkan mobil dengan kualitas dan performance yang sangat baik sehingga mempunyai penggemar setia yang merupakan asset bagi Honda di Indonesia. tetapi semua ditebus dengan mahalnya produk Honda dibandingkan dengan merk yang lainnya sehingga sebagus-bagus penjualan Honda di Indonesia masih sulit untuk bisa menembus 5 besar produksi mobil nasional.

Saat ini 2012 produk termurah mobil Honda di Indonesia adalah Honda All New Jazz type S 1500 CC seharga hampir Rp 200,000,000 sehingga tergolong mahal untuk bisa menjadi mobil sejuta umat. Bandingkan dengan kompetitornya yang sudah bisa menjual mobil seharga hanya < Rp 150,000,000 seperti Daihatsu Sirion, Kia Picanto, Suzuki Splash, Suzuki Karimum bahkan saingan terdekatnya Toyota Yaris bisa dibeli dengan harga Rp 170,000,000 (Setelah Diskon). 

Dengan potensi pertumbuhan ekonomi di negara berkembang seperti di Indonesia, maka akan terjadi booming pembelian mobil di tahun-tahun mendatang sehingga mobil murah akan menjadi trend di negara tersebut tak terkecuali di Indonesia. Honda sadar betul momentum itu tidak akan lama lagi sehingga mereka harus bisa memasarkan produk Mobil yang bisa dijangkau oleh masyarakat Indonesia. Inilah pertama kali Honda bermain di kelas cc kecil < 1500 cc yang sebelumnya menjadi kekuasaan daihatsu di seluruh dunia. 

Setelah di pamerkan di IIMS 2011 yang lalu dan melakukan test pasar di Indonesia selama 1 tahun, akhirnya Honda secara meyakinkan me-launching Honda Brio 1300 cc tgl 2 Agustus 2012 dengan spesifikasi & type sebagai berikut :

Mesin              :
1,339  cc, 1.3 L SOHC 4 Cylinder  , 16 valve i-Vtech
(Mesin ini sama dengan yang ada pada Honda All New Jazz dengan cc lebih kecil)

Tenaga/Torsi  
100 bhp, 127 Nm (yang terbesar di kelasnya)

Transmisi        
5 Percepatan FWD (Penggerak Roda Depan)

Ukuran          
(3610 x 1680 x 1485) mm ; Sumbu 2345 mm, Tangki 35 L

Berat/Tenaga  
925 kg/100 bhp = 9.25 kg/bhp

Rem              
Depan Cakram, Belakang Tromol

Suspensi        
Depan MacPerson Struts with Stablizer Bars, Belakang H-Shape Torsi Beam

Fitur Safety    
ABS dan 2 Air Bag di Depan, Grade Logic Control

Data Performance : (Dari berbagai sumber)

Akselerasi 0-100 km sekitar 11-13 detik
Kecepatan Maksimum 150 km/jam (bisa lebih jika berani)
Konsumsi BBM  berkisar 12-15 km/ltr (dalam kota) dan 15-20 km/liter (konstan tol).

Honda Brio type S Manual seharga Rp 149,000,000
Honda Brio type S Automatic seharga Rp 159,000,000
Honda Brio type E Manual seharga Rp 160,000,000
Honda Brio type E Automatic seharga Rp 170,000,000




Dengan melihat harganya maka Honda Brio diposisikan untuk mengambil pasar yang sudah diisi oleh Suzuki Splash, Kia Picanto, Daihatsu Sirion, Nissan March, Kia Rio dan Hyundai Grand Avega. Artinya Honda ingin menawarkan produk yang lebih dibandingkan dengan kompetitornya sehingga target 1,000 unit/bulan bisa diraihnya. Bagaimana spesifikasi Honda Brio dibandingkan kompetirornya :

Harga ____________

Honda Brio selalu memposisikan harga di atas kompetitornya dengan konsekuensi konsumen mendapat kelebihan performace dan value for money. Inilah yang membuat Honda selalu bisa tampil beda sehingga untuk masyarakat dengan minded tertentu pasti memilih Honda dibandingkan merk lainnya.

Sebenarnya harga 150-170 jutaan untuk mobil 1300 cc masih tergolong mahal karena bersinggungan dengan harga Toyota Yaris J atau E Manual yang memiliki 1500 cc, Nissan March XS yang merupakan type tertinggi Nissan March, Kia Rio dan Hyundai Avega. tapi Honda selalu berani dan yakin bahwa rentang harga tersebut masih bisa dijangkau para pecinta Honda.

Kesimpulan : Dengan harga Rp 150 - 170 juta sangat sulit mendapatkan angka penjualan > 1,500 Unit/Bulan karena di rentang harga ini sudah banyak kompetitor yang sudah eksis sebelumnya bahkan harganya masih jauh lebih murah dibandingkan Honda Brio. Tentu tidak semua masyarakat Indonesia tahu dan memahami bagaimana keunggulan spesifikasi mesin Honda karena mereka lebih memilih harga yang realistik dibandingkan keunggulan teknologi kendaraan.

Performance _______

Bagi pecinta performance mobil hatchback dengan berbagai modifikasi maka banyak mobil yang tenaganya jauh di atas tenaga Honda Brio yaitu hatchback di kelas 1500 cc, tetapi untuk kelas 1300 cc Honda Brio menjadi yang terbesar dengan 100 bhp dan 127 Nm. Performace Honda Brio memang bukan yang terbaik karena masih ada Daihatsu Sirion yang mempunyai akselerasi bisa menyentuh 0-100 km/l hanya butuh 10.4 detik (Pengetesan Media Otomotif) atau Suzuki Splash 0-100 km/jam dalam 12 detik.

Apa kelebihan Honda Brio dibandingkan kompetitornya : Tentu teknologi yang diklaim Honda terutama transmisi otomaticnya yang 5 percepatan menyebabkan putaran mesin lebih halus dan irit dengan rentang perpindahan gigi yang pendek sehingga 80-100 km putaran mesin tidak lebih dari 2000 rpm. Teknologi lainnya adalah GLC (Grade Logic Control) yang mengatur perpindahan gigi saat menanjak dan menurun sehingga tetap terjaga akselerasi dan konsumsi bahan bakarnya. Ada juga Shift Hold Control yang mengendalikan/mengurangi perpindahan gigi di tikungan sehingga tetap nyaman.

Kesimpulan : Dengan tenaga terbesar di kelasnya memang Honda Brio menjadi pilihan yang masuk akal dibandingkan kompetitornya tetapi performance yang tinggi di kelas ini memang bukan menjadi pilihan utama karena body dan berat kendaraan yang relatif ringan < 1 ton. Justru kelincahan menembus kemacetan dalam kota, akselerasi, kenyamanan dan keiritan bahan bakar akan menjadi pertimbangan bagi pecinta mobil di kelas < 1500 cc. Di sisi performance Honda Brio mendapat saingan berat dari Nissan March, Daihatsu Sirion dan Suzuki Splash.

Kabin

Siapapun akan memahami bahwa membeli mobil berarti membeli kenyaman dan kelegaan kabin karena driver dan penumpang akan menghabiskan waktunya di perjalanan di atas kabin. Kabinlah yang justru paling menentukan untuk kelas city car < 1500 cc karena dengan cc yang relatif kecil maka bobot kendaraan akan dikurangi dengan cara mendesain kabin yang lebih kecil dibandingkan kelas di atasnya. Di sinilah perlunya desain kabin yang menggabungkan kenyamanan driver dan penumpang dengan kelegaan bagai untuk memuat barang bawaan. Honda All New Jazz menggabungkan kelegaan kabin penumpang dan bagasi, bagaimana dengan Honda Brio ?





Karena dimensi yang lebih kecil dibanding All New Jazz maka Honda Brio memiliki kabin yang relatif sempit sehingga untuk mendapatkan ruang bagasi yang lebih lapang, maka harus dilakukan pelipatan bangku belakang. Sedangkan untuk bagasi depan dan tengah penumpang hampir sama dengan kompetitornya sehingga desain bangku belakang menentukan kemudahan melakukan pelipatan saat diinginkan ruang bagai yang lebih lapang.

PERTARUNGAN KUNCI ____________

Tenaga Terbesar : Ya (100 bhp di kelasnya)
Fitur Safety : Terbaik dengan ABS dan 2 Air Bag
Akselerasi  : Bukan yang terbaik (masih ada Daihatsu Sirion)
Handling : Belum teruji (masih ada Suzuki Splash yang lincah di perkotaan)
Bagasi : Relatif Sempit tapi ada mode pelipatan bangku belakang yang sangat mudah.
Value for Money : Relatif terjaga seperti produk Honda Lainnya.
Harga : Relatif Mahal dibanding rivalnya tetapi mendapatkan fitur di atas rivalnya.
Konsumsi BBM : Bukan yang terbaik karena cc yang lebih besar dari rivalnya
Kenyamanan : +/- dibandingkan rivalnya.

Kesimpulan :

Honda selalu tampil lebih dibandingkan rivalnya sehingga mempunyai nilai tersendiri bagi para pemiliknya. Demikian pula Honda Brio tampil dengan model bonet yang khas dengan kaca lapang, tenaga terbesar di kelasnya dan berbagai fitur keselamatan seperti ABS + 2 Air Bag serta teknologi Control Percepatan menjadikan Honda Brio akan mencuri penjualan di kelas city car < 1500 cc.

Pesaing terbesar adalah : Toyota Agya-Daihatsu Alya yang segera akan meluncur di gelaran IIMS 2012 dengan hanya mengandalkan 1000 cc, dan juga Toyota Etios Liva yang akan meluncur di semester 1 tahun 2013. Sungguh sangat berat bersaing di kelas city car ini.

1 comment: