Tuesday 14 August 2012

MUDIK Yoooooo........

MUDIK adalah seni dan salah satu implementasi bahwa semua milik Allah dan akan kembali kepada-Nya.

Jika kita punya tanah kelahiran dimana kita sejak kecil tumbuh dan berkembang dalam sebuah komunitas masyarakat desa tentu segala sifat, perilaku dan lingkungan orang-orang akan sangat mendominasi kehidupan kita walaupun saat ini mungkin kita jauh dari tanah kelahiran tersebut. Itulah yang membuat setiap habis Puasa Ramadhan selalu ada energi besar untuk kembali kepada kehidupan kita sebelumnya yaitu di Tanah Kelahiran.

Ya....Mudik telah berlangsung ratusan tahun terutama di negeri ini, aktivitas merayakan Idul Fitri bersama keluarga tercinta di tanah air sungguh merupakan aktivitas yang sangat dirindukan oleh semua para perantau. Bagaimana tidak, ayah-bunda dan handai taulan sebagian masih tinggal di tanah kelahiran yang sekian lama terpisah ruang dan waktu-lah yang membuat kerinduan akan kebersamaan di kala kecil memicu siapapun untuk melakukan mudik.

Seiring dengan perekonomian yang semakin membaik di negeri ini, maka akktivitas Mudik akan semakin meningkat dari tahun ke tahun....pertumbuhan motor yang 8 juta unit dan mobiul 1 juta unit per tahun membuat mobilisasi mudik menjadi semakin meriah....

Pergerakan kendaraan yang semakin menjadi-jadi setiap tahun membuat Mudik menjadi seni tersendiri yaitu Seni Menikamti Perjalanan sebagaimana wisata lainnya, maka Mudik adalah SENI.

Ayo Mudik.....karena kita akan merasakan bagaimana rasa "Kembali" itu membuat sensasi spiritual yang menyejukkan qolbu.

Ayo Mudik.....karena kita akan menyaksikan bagaimana semua berjuang untuk melakukan Silaturahim Akbar untuk saling memaafkan, berbagi sambil mengenang kehidupan yang sudah lampau.

Ayo Mudik..... karena kita akan dinantikan semua keluarga dan handai taulan yang sekian lama terpisah jarak dan waktu untuk bisa melepas rindu.

Ayo Mudik.......karena mudik itu mengasyikkan walaupun harus berjuang berjam-jam menempuh perjalanan panjang menembus jalanan yang penuh dengan kendaraan..........karena semua melakukannya maka semuanya terasa indah begitu sampai tujuan.

Momentum Saat Mudik

  • Menjelang libur lebaran maka niatkan untuk bisa menikmati kemacetan panjang seperti ini

  • Niatkan untuk mensyukuri bahwa naik mobil lebih nyaman dari naik motor, yang naik motor lebih hemat dari yang naik pesawat dan yang naik pesawat lebih cepat dari yang naik mobil.
  • Jangan lupa istirahat di kala letih dan lelah.........tubuh kita ada batasnya.......santai saja cepat atau lambat kampung halaman tetap menanti kita. Dan jangan memaksakan kemampuan kendaraan kita sehingga membahayakan semua.


  • Tetap lakukan ibadah sebagaimana mestinya....bagi yang musafir dan ngak kuat nahan maka bolehlah berbuka dan diganti di lain hari. Tapi kalau sholat lihat2 juga tempatnya supaya tenang dan nyaman.....


  • Dan selamat sampai tujuan untuk bersilaturahim merayakan kemenangan puasa Ramadhan.

  • Dan mari kita ulangi siklus ini setiap tahun, Semoga tahun depan Ramadhan lebih baik lagi. Aamiin.


No comments:

Post a Comment