Friday 7 September 2012

Toyota Noah Sang Kakak Innova Yang Mengagumkan

Toyota Noah siap mengisi celah kosong antara Kijang Innova dan Alphard.
Toyota sukses menjual MPV mewah Alphard di Indonesia, MPV premium ini dijual seharga minimum Rp 633 Jutaan hingaa Rp 1.1 Milyar. Toyota juga sukses menjual Toyota Kijang Innova seharga Rp 220 Juta ~ 300 Jutaan.


Toyota Kijang Innova dipasarkan di Indonesia sejak tahun 2004 berarti hingga tahun 2012 ini sudah 8 tahun mengaspal. Tentu saja terjadi gap kekosongan brand Toyota di segmen MPV dengan rentang harga Kijang Innova dan Toyota Alphard.



Pemilik Kijang Innova secara finansial pada saatnya akan mampu membeli mobil yang lebih tinggi spesifikasinya dari Toyota Kijang Innova. Toyota Alphard yang ada masih terlalu mahal untuk bisa sebagai mobil pengganti Kijang Innova. Celah kosong ini dimanfaatkan oleh Nissan dengan Serenanya dan Mazda dengan Biante, bagaimana langkah toyota mengisi celah kosong tersebut ?

Celah Kosong MPV seharga Rp 300-600 Juta yang siap meluncur di Indonesia adalah Mazda Biante dan Nissan All New Serena.

Mazda Biante

  • Engine 2000 cc, 4 Cylinder 16 Valve, DOHC
  • Power 165 PS/6500 rpms, Torsi 210 Nm/4000 rpm
  • Penumpang : 8 Orang
  • Transmisi 5 Percepatan.
  • Harga Estimasi : Rp 400-600 Juta

Nissan All New Serena

  • Engine MR20DD 2000 cc, 4 Cylinder 16 Valve, DOHC, XCVT
  • Power 147 PS/5600 rpms, Torsi 210 Nm/4400 rpm
  • Penumpang : 8 Orang
  • Transmisi 5 Percepatan.
<<Apa Jagoan Toyota mengisi kekosongan MPV antara Kijang Innova dan Toyota Alphard ?>>

Toyota secara terang-terangan ingin memasukkan jagoannya yaitu Toyota Noah (New Noah) yang juga sukses di market Jepang dengan angka penjualan hingga 22,000 unit dalam 6 bulan selama tahun 2012.

SOSOK TOYOTA NOAH 2012

Toyota Noah (Bongsor)
Toyota Noah Rear View


Toyota Noah Interior


Seat Rr No 2 Bisa Berputar


<<Spesifikasi>>

  • MPV 7-8 Penumpang (Van)
  • Engine 3ZR-FAE DOHC, 1986 cc, Valve Matic
  • Transmisi otomatis CVT 7 Speed via Paddle Shift, Forwarded
  • Power 158 PS/6200 rpm, Torsi 196 Nm/4400 rpm
  • Ground Clearance 165 mm
  • Dimensi 4635 x 1720 x 1850 mm
  • Jarak Roda Depan-Belakang (Wheelbase) 2825 mm
  • Berat 1600 Kg
  • Pintu 5 (Geser)
  • Jok Tengah bisa berputar 180 Derajat
  • Harga berkisar Rp 350-500 Juta

<<Apa Kelebihan Toyota Noah>>

  • Teknologi Valve Matic menjadikan Toyota Noah masuk kategori MPV Van dengan kemampuan luar biasa, walaupun body bongsor 1,6 Ton mampu melesat 0-100 km pada angka mendekati 9.8 detik. Inilah yang akan membuat Toyota Noah menjadi MPV mewah dengan kemampuan mobil sport.
Teknologi terbaru Toyota Valve Matic

  • Transmisi Automatis 7 Speed CVT Paddle Shift sangat mengasyikkan ala mobil F1.
  • Bentuk body sangat mewah elegant dan sangat cocok sebagai mobil para keluarga mapan seperti halnya Toyota Alphard
  • Interior sangat luas seperti Toyota Kijang Innova dan Toyota Alphard, bahkan seat no 2 bisa berputar 180 derajat untuk memudahkan penumpang keluar-masuk. Seat no 3 juga memberi ruang kaki yang luas untuk penumpang dewasa sekalipun.
  • Pintu geser 730 mm memudahkan keluar masuk penumpang
  • Emisi Gas Buang sangat rendah 164 k/gm
  • Lantai dibuat rendah 360 mm dari permukaan jalan
  • Ground Celarance 165 mm sangat cocok untuk jalanan Indonesia.
  • Konsumsi BBM sangat irit untuk mobil sebesar Noah yaitu 12-14 km/liter
<<Kapan Dipasarkan di Indonesia>>

Menurut kabar Toyota Noah akan dirakit di dalam negeri Indonesia pada tahun 2013 melalui pabrik Toyota Auto Body karena hanya produk pretelan dan dirakit kembali di pabrik tersebut. Hal ini untuk mendapatkan harga jual yang kompetitif. Jika Toyota Noah diimport dalam keadaan utuh (CBU) maka harganya bisa mencapai Rp 500-750 Jutaa. Dengan dirakit di dalam negeri dengan bentuk CKD maka Toyota Noah bisa dijual di rentang harga Rp 350-500 Juta.

Bagi yang tertarik dengan mobil Toyota Noah, kelihatannya sudah mulai dipesan di ajang IIMS 2012 dan di awal tahun 2013 sudah bisa delivery ke konsumen. Toyota akan merakit komponen CKD Toyota Noah di Indonesia dan secara perlahan mulai memperbesar komponen local untuk mengejar harga yang kompetitif.

Toyota Noah dipastikan akan nongol di ajang IIMS 2012 bersama Toyota Agya, Toyota Etios Liva, Pajero VN Turbo, Toyota FT86, Toyota Aqua dan Produk Lama lainnya.

<<Info Terakhir Ulasan>>

Toyota Nav1 yang Dipasarkan di Indonesia

Spesifikasi Toyota Nav1


Berikut fitur lengkap Toyota Nav1 yang dikeluarkan di Indonesia oleh PT. Toyota Astra Motor (PT.TAM):
Type G:
-2.0 Liter 16 Valve DOHC with Valve Matic
-Optitron Combination Meter & MID
-VIP Rear Seat Entertainment
-Exclusive Dual Zone Air Conditioner with Pollen Removal
-5.8" LCD TFT Touch Screen Audio System
-Conversation Mirror
-Dual Automatic Power Sliding Door
-Projector Head Lamp
-Electric Retractable Outer Mirror
-Parking Sensor
-Driver & Passanger SRS Airbags
-ABS & EBD
-Alloy Wheel

Type V:
-Memiliki semua kelengkapan type G ditambah:
-5.8" LCD TFT Touch Screen Audio System with Toyota Navigation
-Corner Sensor
-Immobilizer
-VIP Aerokit Package
-Smart Entry & Start System
-Fog Lamps

Pilihan Warna:
White Pearl CS, Silver Metallic, Gray Metallic, Black

  1. Akhirnya Toyota melangsir Toyota Noah dengan nama Toyota Nav1 (Navigation No. 1) di akhir tahun 2013 dan langsung terjual 40 Unit dan pada bulan selanjutnya rata-rata penjualan adalah 300-400 unit.
  2. Toyota Nav1 dijual direntang harga Rp 382,000,000 (Type G A/T) dan Rp 402,000,000 (Type V A/T)
Sumber lain : Inilah.com

Menempati posisi di antara Kijang Innova V Luxury dan Alphard, mobil teranyar besutan Toyota Astra Motor (TAM) ini akan langsung berhadapan dengan Nissan Serena dan Mazda Biante sebagai pesaing kuatnya.
Mobil yang di pasar global bernama Toyota Noah ini dilengkapi berbagai fitur yang membuatnya masuk ke pangsa pasar MPV kelas menengah ke atas. Apa saja keistimewaan dari Toyota NAV1? Mari kita simak bersama.
Spesifikasi Mesin
Toyota NAV1 menggunakan mesin jenis 3ZR-FAE 4-silinder berkapasitas 1.987cc yang mengadopsi kecanggihan teknologi Valvematic. Teknologi ini lebih advance dari teknologi Dual VVT-i yang hanya mengatur durasi buka-tutup katup masuk dan buang.
Valvematic tidak hanya mengatur durasi buka-tutup katup masuk dan buang, tapi juga mengatur waktu dan ukuran buka katup masuk dan katup uang. Tak ayal jika mesinnya mampu menghasilkan tenaga 158 dk pada 6.200 rpm dan torsi 196 Nm pada 4.400 rpm.
Toyota NAV1 juga disematkan transmisi otomatis CVT 7-speed shift tronic serupa milik Toyota Corolla Altis.
Keuntungan lain dari teknologi Valvematic adalah menghasilkan performa mesin yang lebih baik dan menurunkan kadar emisi gas buang. Dengan mengadopsi teknologi ini, NAV1 pun diklaim memiliki konsumsi bahan bakar yang cukup irit untuk kelas MPV mewah.
"Hasil uji coba di Jepang, NAV1 memiliki konsumsi BBM hingga 13,6 kilometer per satu liter bensin," ujar Presiden Direktur TAM, Johnny Darmawan, di acara peluncuran Toyota Nav1, di Jakarta, Selasa (11/12).
Konsep Ekterior
Eksterior Toyota NAV1 didesain sebagai MPV mewah yang elegan dengan kehadiran dual power sliding door. Ini merupakan pintu geser yang dioperasikan secara otomatis.
Tampilan depan dengan desain chrome grill ditujukan untuk menghadirkan kesan berkelas. Sementara headlamp didesain integrated 4 bulbs with multi-reflectors and projector-type low beam untuk menghadirkan kesan mewah. Toyota NAV1 juga dilengkapi dengan desain lampu belakang dengan lampu LED untuk menambah kesan premium.
Demi kenyamanan penumpang dan pengendaranya, Toyota juga membekali kaki-kaki NAV1 dengan velg alloy 15 inci yang dibalut ban berukuran 195/65.
Konsep Interior
Kabin yang lapang dan kapasitas bagasi dengan banyak tempat penyimpanan bertujuan memenuhi kebutuhan konsumen yang beragam. Kendaraan 7-seaters atau berkapasitas tujuh penumpang ini dilengkapi dengan captain seat untuk baris pertama dan kedua. Hal ini diklaim untuk menghadirkan personal feeling dan kenyamanan prima, terutama di saat menempuh perjalanan jauh.
Captain seat pada baris kedua dapat diputar hingga 180 derajat ke belakang hingga bisa disulap sebagai meeting room berjalan. Atau cukup diputar 60 derajat untuk memudahkan penggunanya menaik-turunkan anak kecil.
Toyota NAV1 juga didesain dengan lower step untuk memudahkan penumpang naik dan turun dari kendaraan. Mobil ini diklaim memiliki step terendah di kelasnya.
MPV mewah ini juga dilengkapi dengan assist grip untuk pengemudi dan penumpang untuk memudahkan naik dan turun kendaraan.
NAV1 memiliki interior dengan kombinasi warna gading (ivory ) dan ornamen perak. Desain interior dilengkapi dengan Optitron Combination Meter, dual zone automatic air conditioner, steering switch, serta VIP passenger entertainment.
Di kabin depan, AC climate control dual zone dan audio double-DIN menghiasi desain dashboard yang mirip dengan dashboard pada Toyota Alphard.
Dashboard Toyota NAV1 juga sudah diperkaya dengan 5.8" LCD TFT Touch Screen Audio System. Tuas transmisi di dashboard juga memudahkan saat dioperasikan dan memberi ruang lega antar bangku depan. Demikian juga tombol Start/Stop (pada tipe V) yang sangat memudahkan pengemudi.


1 comment: