Saturday 15 September 2012

Honda Jazz Hybrid Segera Menyerbu Indonesia

Honda Jazz adalah produk mobil hatchback 5 penumpang yang fenomenal, sejak kedatangannya di tahun 2004 sampai sekarang Honda Jazz telah menempatkan diri sebagai produk yang punya value for money tertinggi. 

Inilah Model Teraklhir Honda All New Jazz tahun 2012 :


Honda All New Jazz 2012

Spesifikasi Honda All New Jazz :




Dengan spesifikasi seperti diatas, Honda All New Jazz sampai saat ini masih membukukan penjualan yang tinggi dikisaran 1500-2500 unit perbulan bersaing ketat dengan Toyota Yaris.

Bagaimanapun Honda Jazz sudah berumur 8 tahun sehingga masyarakat pecinta Honda pasti akan mengharapkan perubahan besar yang diberikan Honda untuk menjadikan Honda Jazz tetap eksis di pasar otomotif Nasional.

Pesaing terberatnya yaitu Toyota Yaris sudah siap-siap akan mayor change di tahun depan 2013 dengan telah beredarnya design Vitz New Design di Eropa yang juga merupakan embrio dari Toyota New Yaris yang dirombak total dari generasi yang ada saat ini :

Toyota Vitz New Design Pengganjal Kesuksesan Honda Jazz

Pesaing Abadinga Toyota Yaris tahun 2013 akan Mayor Change
Sampai saat ini Honda Jazz belum menunjukkan akan adanya mayor changer sampai tahun 2013 sehingga para pecinta Honda Jazz harus bersabar menantikan gebrakan Honda melakukan perubahan pada Honda Jazz.

Kelihatannya Honda All New Jazz tetap akan dipertahankan sampai waktu yang tidak ditentukan, mungkin hanya menambah atau merubah tampilan ekterir dan interior sehingga kelihatan beda dengan sebelumnya (Minor Changer).

<<Apa Yang akan Dilakukan Honda ??>>

Honda sadar betul bahwa peta kekuatan mobil di 5 tahun yang akan datang adalah era Mobil Ramah Lingkungan yang memadukan teknologi engine gasoline/diesel dengan teknologi motor listrik atau dikenal dengan Mobil Hybrid. Pengembangan teknologi engine gasoline mungkin akan dibatasi karena harga minyak dunia kian hari kian mahal. Itulah mengapa sejak beberapa tahun yang lalu mobil yang mendapatkan biaya research paling mahal di Jepang adalah Mobil Hybrid, dampaknya adalah keluarnya model-model Mobil Hybrid yang laris manis di negara sakura itu.

Hampir 50% mobil baru yang djual di negara Jepang adalah mobil Hybrid........Toyota Prius, Honda Fit (Jazz) Hybrid dan Toyota Aqua (Yaris Hybrid) adalah 3 mobil hybrid yang tersukses menjual mobil hybrid ke mayarakat Jepang.

Wabah Mobil hybrid sudah di depan mata...........Bahkan Toyota sejak beberapa tahun lalu sudah memasarkan Toyota Prius di Indonesia, disusul Toyota Camry Hybrid dan segera akan diperkenalkan Toyota Aqua di ajang IIMS 2012 nanti. Kelihatannya Toyota yang menjadi pioner dalam memproduksi mobil hybrid sudah mencuri start di pasar mobil nasional.

Toyota Aqua (Yaris Hybrid) Mencuri Start

Tentu Honda tidak tinggal diam, Pabrik Honda di Thailand secara resmi pada awal tahun 2012 sudah melaunching Honda Jazz Hybrid untuk pasar mobil wilayah Asia Tenggara sedangkan pesaingnya Toyota akan merakit Toyota Aqua di Malaysia.




Launching Honda Jazz Hybrid Awal 2012 di Thailand
Sayang dalam memasarkan mobil hybrid di Indonesia, Honda kurang berani dan terkesan hati-hati, hal ini mungkin dikarenakan pajak mobil dual engine di Indonesia masih mahal dan penerimaan masyarakat di Indonesia akan mobil hybrid masih belum besar.

<<Apa Itu Mobil Hybrid>>

Mobil hybrid adalah mobil yang digerakkan oleh dua sumber energi yaitu energi yang dihasilkan dari pembakaran mesin dengan bahan bakar gasoline (Mesin bensin konvensional) dan energy yang dihasilkan dari motor listrik yang disuplai dari sumber listrik/battery.




Bisa disimpulkan bahwa motor listrik yang disuplai dari battery dan engine yang disuplai dari bahan bakar akan menghasilkan energi yang secara paralel bisa menggerakkan kendaraan. Battery akan mendapatkan pengisisian dari energi mekanik yang terbuang saat pengereman dan deselerasi dan motor listrik akan membantu memberikan tenaga tambahan saat pendaikian dan beban berat.

1. Saat Mulai Start dan Cruising (Kecepatan Konstant)


2. Saat Akselerasi-Deselerasi


3. Saat berhenti/stop (Bukan Mati)





<<SOSOK HONDA JAZZ HYBRID>>

Honda Jazz Hybrid (Japan Market)

Honda Jazz Hybrid (Asean Market)

Spesifikasi Honda Jazz Hybrid :


<<Interior Honda Jazz Hybrid>>

Honda Jazz Hybrid Interior


Ultra Seat masih dipertahankan di Honda Jazz Hybrid

Dalam sebuah pengetesan medi otomotif di Thailand :

0-100 km/jam  dalam 12 detik
Konsumsi bbm mencapai 22-25 km/liter.

Kesimpulan Ulasan :
  • Honda All New Jazz belum akan dilakukan Mayor Change (Rombak Total), spesifikasinya masih bersaing dengan para kompetitornya. Toyota Yaris yang akan mayor change di akhir 2013 tidak iikuti oleh Honda All New Jazz.
  • Honda hanya melaunching Honda Jazz Hybrid di Thailand dengan spesifikasi mesin 1,3 L untuk meredam Toyota Aqua yang sukses di pasar Jepang. Apakah Honda juga akan memperkanalkan Jazz Hybrid di Pasar otomotif Nasional ?? Dalam hal ini Toyota lebih berani dengan terlebih dahulu memasukkan Toyota Prius, Camry Hybrid dan sebentar lagi Toyota Aqua.
  • Honda sangat berhati-hati memasukkan mobil hybrid di Indonesia, kesan menunggu kompetitornya untuk masuk terlebih dahulu adalah strategy dalam mengintip kemungkinan penerimaan mobil hybrid oleh masyarakat Indonesia.
  • Trend harga minyak dunia yang semakit meroket di tahun yang akan datang akan membuat semua produsen mobil sekelas Honda juga pada akhirnya akan memasukkan Honda Jazz Hybrid....mungkin dalam 203 tahun yang akan datang Mobil Hybrid sudah mulai bisa diterima masyarakat.
  • Jika Honda mulai memperkenalkan Honda Jazz Hybrid di IIMS 2012 bersama Toyota Aqua, maka Mobil Hybrid sebentar lagi akan menyerbu Indonesia dalam kurun waktu 2-5 tahun yang akan datang.
  • Dalam aktualnya Honda Jazz Hybrid yang di Jepang bernama Honda Fit Hybrid menduduki peringkat ke-2 dalam hal jumlah penjualan di negara Jepang setelah Toyota Prius, hal ini membuktikan bahwa performance, design dan fitur yang dimiliki Honda Jazz Hybrid sangat kompetitif dipasarkan di dalam negeri Indonesia dalam beberapa tahun mendatang.

Selamat Datang Mobil Ramah Lingkungan..........Semoga bisa diterima di pasar Otomotif Nasional.

No comments:

Post a Comment