Wednesday, 5 September 2012

Toyota Aqua Mobil Impian Ramah Lingkungan

Siapa yang tidak kenal dengan Toyota Prius ? Ya Prius adalah mobil hybrid pertama yang mendunia dan sukses dipasarkan hingga menembus angka penjualan > 3.5 Juta Unit dari tahun 1997 sampai 2012. Sampai saat ini belum ada mobil hybrid yang bisa mengejar kesuksesan Toyota Prius di seluruh dunia.

Aqua Bukan Minuman Mineral Lagi


Toyota Prius juga sukses di pasaran Amerika dengan angka penjualan hingga 60,000 unit/bulan dan menjadi mobil terlaris setelah Toyota Corolla dan Ford Focus. Toyota telah banyak mengubah pola pikir masyarakat di seluruh dunia untuk mulai menggunakan mobil ramah lingkungan sehingga jutaan ton carbondioksida bisa direduksi. Perilaku ramah lingkungan ini sudah menjadi trend gaya hidup para jutawan dengan memakai mobil hybrida atau bahkan mobil listrik. 

<<Bagaimana sosok Toyota Prius ?>>


Toyota Prius
  • Gasoline Engine:  1.8L Aluminium, 4 Cylinder, 16 Valve dengan VVT-i (Variable Valve Timing - Intelgency), 98 hp/5200 rpm (73 kW/5200 rpm), Torsi 142 Nm/4000 rpm.
  • Power Output Electric Motor Max 80 hp.
  • Total Hybrida System 134 hp.
  • Transmision ECVT (Electronically Controlled Continuously Variable Transmission)
  • Konsumsi BBM bisa mencapai 25 km/liter.
Kelebihan Toyota Prius yang dikagumi semua orang yang peduli lingkungan adalah kendaraan ini mempunyai tingkat efisiensi bahan bakar yang tinggi, raham lingkungan karena emisi gas buang yang rendah, performance yang luar biasa, ketenangan mengemudi yang baik dan stylist.


Toyota Prius Gen-3

<<Generasi Prius C Yang Fenomenal>>

Toyota dengan bangga meluncurkan Toyota Prius C yang diberi nama Toyota Aqua yang merupakan sang Adik dari Toyota Prius Generasi ke-3.

Sosok Toyota Aqua (Adik Si-Prius)

  • Model hatchback, 5 penumpang
  • Engine 1NZ-FXE, 1.5L (1500 cc), DOHC, 4 Cylinder, 16 Valve
  • Power 74 hp/4800 rpm, 111 Nm/3600-4400 rpm
  • Power Output Electric Motor Max 60 hp/169 Nm
  • Launching di Jepang Awal tahun 2012.
  • KOnsumsi BBM bisa mencapai 35 km/liter.
Toyota Aqua menjadi produk fenomenal di Jepang karena bisa menduduki no. 3 dari segi penjualan setelah Toyota Prius Hybrid, dan Honda Fit Hybrid. Penjualan bulanan selama tahun 2012 tak kurang dari 20,000 unit/bulan dipesan di negara asalnya Jepang karena banyak anak muda yang menyukai model hatchback dari Toyota Aqua. Toyota Aqua yang baru diluncurkan di Jepang Desember 2011 langsung menyodok ke posisi 3 mendekati angka penjualan Honda Fit Hybrid. Di Jepang hampir setengah penjualan mobil sudah didominasi oleh mobil hybrid.



Toyota Aqua 

Kabarnya Toyota telah mendaftarkan model Toyota Aqua ke kementrian perindustrian dan perdagangan Indonesia untuk diperkenalkan di ajang Indonesia International Motor Show 20-30 September 2012. Biasanya setelah diperkenalkan di IIMS 2012 maka dalam 1-2 tahun ke depan mobil ini akan menjadi mobil yang dijual ke konsumen Indonesia.

Bahkan di Malaysia Toyota Motor Corporation menghentikan permintaan Toyota Aqua yang begitu tinggi di negara Malaysia. Kapasitas produksi yang terbatas menyebabkan banyak negara yang harus sabar menunggu realisasi pengiriman ke konsumen. Untuk mengantisipasi permintaan Toyota Aqua di wilayah Aisa Tenggara, kabarnya Toyota berencana merakitnya di negara Malaysia.


Bagaimana dengan konsumen di Indonesia ?

Di Malaysia Toyota Aqua dijual dengan harga Rp 270 Jutaan.....sehingga kalau dipasarkan di Indonesia bisa mencapai harga Rp 350-400 juta. Harga tersebut masih terlalu mahal untuk ukuran mobil 1500 cc bahkan Toyota Prius kurang laku di Indonesia karena harganya yang sangat mahal > Rp 600 jutaan.

Jika Toyota Aqua bisa di rakit di Malyasia, maka harganya bisa direduksi menjadi Rp 300-350 jutaan untuk konsumen Indonesia. Melihat bentuknya, trend mobil hybrida masa depan, dan konsumen bbm yang irit, tidak mustahil Toyota Aqua akan menjadi raja Mobil Hybrida di Indonesia pda 3-5 tahun yang akan datang.

Siapa Pesaing Toyota Aqua ?


Honda Fit Hybrid (All New Jazz)

Sudah menjadi takdir bahwa persaingan Toyota dan Honda di dunia semakin seru, setelah mobil hatchback Yaris dan All New Jazz bersaing ketat di Indonesia, maka persaingan mobil Hybrid di Asia Tenggara akan mengerucut pada persaingan antara Toyota Aqua dan Honda Fit Hybrid.

<<Toyota Aqua Mejeng di IIMS 2012>>

Toyota Aqua secara resmi akan dipamerkan Toyota Astra Motor di ajang IIMS 2012 tanggal 20-30 September 2012. Bahkan menurut kabar Toyota Aqua bisa dibeli melalui system Spot Order artinya bagi yang mau memiliki Toyota Aqua akan dilayani dengan system order secara inden.

No comments:

Post a Comment