Thursday 6 September 2012

Toyota Vitz New Design = New Yaris 2013

Melihat model Yaris dari tahun 2006 sampai sekarang rasanya modelnya sudah semakin termakan zaman, Toyota memang sudah melakukan facelift dengan design baru pada bumper belakang, body kit dan interior tetapi masih belum bisa menghilangkan kesan bahwa modelnya mulai usang.


Toyota Yaris The Last Model

Persaingan sengit di kelas hatchback 1500 cc antara Toyota Yaris dan Honda All New Jazz memang masih berlanjut di tahun 2012. Perubahan model Honda Jazz yang dilakukan pada tahun 2008 dengan design exterior-interior serta peningkatan tenaga pada Honda Jazz telah membuat penjualan Toyota Yaris sering kalah.

Pada awal tahun 2012 terjadi bencana banjir Thailand yang mengakibatkan Honda terkena dampak paling serius sehingga mengakibatkan pasokan Honda Jazz menjadi sangat minim. Momentum tersebut diambil alih oleh Toyota Yaris dengan memimpin penjualan hingga semester 1 tahun 2012 sebesar 12,910 unit sedangkan Honda Jazz hanya 10,038 unit. Toyota juga merubah tampilan Yaris menjadi lebih dinamis dan sporty tetapi dengan mempertahankan engine yang masih terkenal irit dan kencang.

Gempuran datang juga dari produser mobil lainnnya seperti Ford Fiesta, Nissan Livina X-Gerar dan kehadiran Honda Brio (adik Honda Jazz), sehingga memaksa Toyota melakukan banyak penawaran tambahan kepada konsumen yang ingin membeli Toyota Yaris.

APA Langkah Toyota Selanjutnya ?

Toyota mulai awal tahun 2012 sudah memperkenalkan bentuk Toyota Vitz New Design di Eropa dan di dalam negeri Jepang. 

Eksterior Toyota Vitz


Interior Toyota Vitz (Spedometer Sekarang Di Depan Steer)

Seat Design Toyota Vitz

Brosur di negara Jepang seperti ini :



Tampang New Yaris 2013 di Negara Australia nama sama sperti di Indonesia yaitu Yaris  :

Fr Side Toyota Yaris New Design 2013

Rr Side Toyota Yaris New Design 2013 

  • Engine 1NZ-FE 1,497 cc, DOHC, VVT-i, 4 Cylinder 16 Valve. (Mesin masih menggunakan mesin yaris lama)
  • Power 109 PS/6000 rpm, Tosi 141 Nm/4200 rpm. 
  • Speedometer berubah menjadi di depan driver/steer.
  • Terjadi penyegaran total exterior-interior.
  • Konsumsi BBM 15-18 km/liter.
  • Harga berkisar Rp 150 - 250 Juta.

Kapan Dipasarkan di Indonesia ?

Biasanya 1-2 tahun setelah peluncuran mobil di negara lainnya khususnya Jepang, maka Toyota Yaris versi Indonesia akan segera meluncur. Perkiraannya adalah Model Life mobil Toyota Yaris adalah 7 tahun, maka di Indonesia akan ganti model Mayor Change (Rombak Total) pada tahun 2006 + 7 = Tahun 2013 Akhir atau Awal tahun 2014.

Kabarnya Toyota sampai saat ini masih akan memasarkan Toyota Yaris Facelift sampai tahun 2013, dan pesaing utamanya yaitu Honda Jazz juga belum menunjukkan akan berganti model. Fokus Toyota di Indonesia di tahun 2013 adalah memasarkan mobil murah Toyota Agya serta Toyota Etios Liva.


Kesimpulan :
  • Toyota Vitz versi Jepang 1500 cc atau Toyota Yaris New Model (Mayor Change) sudah diluncurkan di Negara Jepang dan Belahan Dunia lainnya. Sosoknya akan menggantikan Toyota Yaris/Vitz lawas.
  • Mesin 1500 cc 1NZ-FE yang handal dan irit bbm masih akan dipertahankan
  • Terjadi perubahan exterior dan interior, panel instrument berubah dari center ke depan steer.
  • Harga akan tetap dipertahankan di sekitar Rp 200 - 250 Jutaan untuk pasar Indonesia.
  • Khusus Toyota Yaris di Asia Tenggara akan dirakit di Thailand dan Indonesia, hal ini Toyota akan bercermin dari kasus Honda Jazz yang berhenti beroperasi akibat banjir besar di Thailand.
  • Mulai Dipasarkan ke Konsumen Indonesia Tahun 2013 atau Awal Tahun 2014. Mulai Bisa terlihat di ajang IIMS tahun 2013.
Kita nantikan kemunculannya di tahun depan.

No comments:

Post a Comment