Sunday 9 September 2012

Mazda Biante Mencoba Keberuntungan di Indonesia

Pasar mobil tanah air segera akan menembus angka 1 juta unit/tahun pada tahun 2012 ini. Setelah masa itu maka jumlah produksi akan meningkat terus hingga mencapai 2 juta di tahun 2020. Produsen mobil berlomba-lomba memasarkan jagoannyan untuk bisa mencuri angka penjualan yang sebelumnya dikuasai oleh kompetitornya.

Segment MPV di Indonesia adalah yang terbesar di Asia Tenggara dan menguasai hampir 40% pasar mobil tanah air, sehingga banyak produsen mobil masuk di segment ini. 

Kelas Low MPV (72%) dikuasai oleh Duet Toyota Avanza - Daihatsu Xenia
Kelas Medium MPV (20%) dikuasai oleh Toyota Kijang Innova
Kelas Big MPV (2%) dikuasai oleh Nissan Serena
Kelas Luxury MPV (6%) dikuasai oleh Toyota Alphard.

Ada potensi luar biasa di 5 tahun mendatang dimana kelas Medium MPV akan membesar sehubungan dengan semakin membaiknya ekonomi para pemilik low MPV. Selain itu kelas Big MPV juga akan merasakan imbasnya karena pemilik Medium MPV yang naik kelas. Di kelas Big MPV yang bercokol Nissan Serena, Honda Odyssey, Mitsubishi grandis, Mazda 8 dan lain-lain akan mulai dilirik, sehingga kesempatan memperkenalkan produknya di tahun 2012 ini.

Kelas Big MPV merupakan kelas yang menginginkan mobil keluarga yang luas, prestisius, stylist dan mempunyai kemampuan penjelajah yang mengasyikkan.

Mazda Biante

Mazda adalah produsen mobil dari Jepang yang selalu diingat dengan slogannya ZOM-ZOM merupakan pemain lama di Indonesia yang saat ini mulai menunjukkan kebangkitannya. Produknya mulai dikenal masyarakat Indonesia melalui Mazda 2 di kelas hatcback dan Mazda CX-5 dengan teknologi SkyActiv-nya. Gebrakan Mazda dengan produk unggulannya sebenarnya patut diapresiasi tetapi masih harus bekerja keras untuk bisa menaklukkan karakter konsumen di Indonesia yang unik.

Kegagalan Mazda dalam memasarkan Mazda5, Mazda3, RX-8 dan Mazda 8 menunjukkan bahwa bertarung di pasar Indonesia tidak bisa hanya mengandalkan teknology mobil tetapi lebih jauh adalah menanamkan brand, jaringan service dan suku cadang, ketanguhan menaklukkan jalanan Indonesia yang bervariasi dan engine yang bandel. Dalam hal tersebut Mazda harus banyak belajar dari kompetitornya yang sudah eksis di Indonesia seperti Toyota dan Suzuki.

Oleh karena itu Mazda kelihatannya akan menyasar kelas atas yang biasanya menginginkan sesuatu mobil yang berbeda dari yang lainnya. Kelas yang dimaksud adalah kelas Big MPV yang akan mengembang di 3-5 tahun yang akan datang, dikelas ini sudah ada Mazda8, Grandis, Serena dan Odyssey.

Tahun 2012 ini Mazda akan melaunching "MAZDA BIANTE" yang sebenarnya adalah Mazda5 mayor Change yang akan muncul di ajang IIMS 2012. Mazda secara berani memasarkan Biante di Luar Jepang karena karakteristik konsumen Indonesia yang suka dengan Big MPV.

Mazda Biante Pandangan Depan


Mazda Biante Pandangan Belakang

Mazda Biante Interior Lapang

<<Spesifikasi Mazda Biante>>
  • Engine LF-VD 2000 cc, DOHC DISI, i-Stop, FWD.
  • Power 150 PS/6200 RPM, Torsi 190 Nm/4500 rpm
  • Dimensi 4715 x 1770 x 1835 mm
  • WheelBase 2850 mm
  • Kapasitas Penumpang 8
  • Bahan Bakar Minimal Pertamax (Compression Ratio 11.2)
  • Transmisi Otomatis 5 Percepatan
  • Sliding Door
  • Harga estimasi di Indonesia Rp 350-450 Juta.
  • Konsumsi BBM klaim 13.6 Km/Liter berkat teknologi i-Stop.
Sliding Door System Mazda Biante

<<Calon Pesaing Utama>>

Toyota Noah yang juga akan diperkenalkan Toyota di ajang IIMS 2012.

Toyota Noah

Nissan All New Serena

Nissan All New Serena
Kesimpulan :
  • Mazda mengejar keberuntungan dengan melempar Mazda Biante ke pasar tanah air, kesuksesan Mazda 2 dikelas hatchback membuat Mazda menginginkan penerimaan konsumen Indonesia akan produk Big MPV.
  • Pertarungan 3 produk utama produser mobil Jepang  yaitu Mazda Biante, Toyota Noah dan Nissan All New Serena mulai tahun depan akan sangat sengit. Tetapi dengan menengok kesuksesan Toyota Alphard, maka Mazda Biante masih harus bekerja keras untuk bisa mengisi celah kosong Big MPV yang beluam banyak pemain.
  • Spesifikasi, bentuk ekterior yang futuristik, kelegaan kabin dan teknologi i-Stop pada Mazda Biante kelihatannya akan jauh menggoda dibandingkan Mazda 8 yang dipasarkan sebelumnya.
  • Diperkenalkan ke Konsumen Indonesia pada ajang IIMS 2012.
  • Harga estimasi Rp 350-450 Juta, dimana harga ini adalah harga antara medium MPV dan luxury MPV.

No comments:

Post a Comment