Sunday 19 August 2012

Jalur Mudik Tercepat Jakarta ke Jawa Tengah

Tahun 2012 adalah mudik terpadat sehingga hanya untuk lolos dari kemacetan Simpang Jomin Cikampek yang berjarak 2 km dari pintu tol Cikopo pemudik harus menghabiskan 12 jam pada saat puncak mudik, sungguh ngak masuk akal karena perjalan ke kampung halaman masih sangat jauh.

Tidak jauh beda dengan jalur Selatan, dimana Nagrek menjadi titik paling macet dan dibutuhkan berjam-jam untuk lolos dari jalur pegunungan ini.

Bagaimana agar tahun-tahun yang akan datang yang jumlah kendaraan baik roda dua dan roda empat semakin banyak ?

Berikut ini Jalur Mudik yang pantas untuk dilakukan pada saat ada informasi puncak mudik di Cikampek :
  1. Tol Jkt-Cikampek.
  2. Jika mendengar ada kemacetan di pintu tol Cikopo dan menginginkan tetap melewati pantura, maka harus keluar Tol karawang Timur supaya tidak dialihkan ke arah Sadang atau bahkan ke Jatiluhur. Ikuti jalur utama jalan provinsi ke arah simpang Jomin dan akan bertemu ribuan pemudik yang memakai motor. Pilihan ini sama saja membiarkan kemacetan menjadi sahabat selama mudik sehingga dibutuhkan minimal 5-6 jam untuk bisa sampai Ciasem yang juga padat merayap.
  3. Jika ingin jauh lebih cepat dari jalur Pantura maka ambillah jalur Tol Cipularang ke Arah Bandung (Ambil sebelah kiri menjelang pintul Tol Cikopo)
  4. Akan dilewati Pintu Tol Sadang, Pintu Tol jatiluhur dan Pintu Tol Padalarang...........jangan sekali-kali masuk ke-3 pintu tol tersebut karena berarti akan melewati jalur tengah yang masih sempit dan gelap.
  5. Cobalah keluar Pintu Tol Pasteur Bandung (Kenapa ngak keluar pintu tol Cileunyi ? karena pintu tol ini akan macet berjam-jam untuk akses ke jalur selatan)
  6. Setelah keluar pintu tol Pasteur, ikuti jalan yang membelah bandung ke arah Cibiru-Cileunyi (Jalur ini lancar karena warga bandung juga sedang meninggalkan bandung untuk melakukan mudik).
  7. Setelah bertemu dengan pertigaan Cileunyi, ambil arah kiri ke arah Jatinangor-Sumedang. 
  8. Ikuti jalur ini maka akan bertemu kelokan pegunungan sebelum sampai ke daerah Sumedang-Kadipaten dan langsung bertemu akses tol Palimanan-Kanci-Pejagan.
  9. Sesampai di pintu tol Pejagan tinggal pilih mau ke purwokerto berarti belok kanan dan mau ke semarang berarti belok kiri.
Jalur tersebut di atas akan jauh lebih cepat dari jalur pantura cikampek-subang-pamanukan maupun jalur selatan nagrek-tasikmalaya-wangon.


Ringkasan Jalur Mudik Cepat :

Masuk Tol Jkt-Cikampek
Ambil Jalur Tol Cipularang 
Di Daerah Cimahi Ambil ke Arah Pintu Tol Baros
Ikuti Jalur yang membelah Bandung
Sampai di Pertigaan Cileunyi Ambil Kiri ke Arah Sumedang
Ikuti Jalur ke Arah Cirebon
Masuk ke Pintu Tol Palimanan-Kanci
Masuk ke Tol Pejagan
(Pilih Tujuan Masing-Masing)

Semoga Bermanfaat

4 comments: