Sabtu, 18 Agustus 2012

Mobil Murah Toyota Agya dan Daihatsu Alya (Ayla) Akhirnya Meluncur



Banyak dari masyarakat kita yang ingin membeli mobil dan merasakan mobil baru tetapi selalu tidak kesampaian. Setiap hari banyak yang searching di internet dan mencari "Mobil Murah" tetapi yang didapat adalah mobil dengan umur > 10 tahun tetapi harganya masih > Rp 100 juta. Ini sangat ironis karena mobil yang sudah berumur > 10 tahun adalah mobil yang sudah sangat lelah baik dari segi performance, spare part dan fitur safetnya. Mungkinkah akan ada produk Mobil Murah yang diproduksi oleh Toyota, Daihatsu, Suzuki, honda atau produser mobil lainnya ?

Toyota dan Daihatsu sangat piawai menutupi projeck mobil murah mereka hingga 1 bulan sebelum dipamerkan di IIMS 2012 pada tanggal 20-30 September 2012 di PRJ Kemayoran jakarta, bahkan SpyShoot yang beredar di internet sempat bikin heboh para otomotif mania......daihatsu Coure sempat diisukan sebagai mobil murah daihatsu. 

Tetapi setelah semakin dekatnya moment gelaran IIMS 2012, ada aja petinggi daihatsu yang sedikit membuka informasi tentang project mobil murah dari kolaborasi Toyota-Daihatsu. Projek ini adalah hasil kolaborasi toyota dan daihatsu sebagaimana sudah dilakukan sebelumnya dalam memasarkan toyota avanza-daihatsu xenia dan toyota rush- daihatsu terios.

Toyota memiliki mayoritas saham daihatsu sehingga untuk urusan mobil kompak dengan cc kecil diserahkan kepada pihak daihatsu yang sudah sekian lama berpengalaman di segmen ini. Projek ambisius toyota dalam menguasai pangsa pasar mobil nasional memang layak diapresiasi oleh masyarakat, karena sebagian mobil toyota dan daihatsu telah bisa memenuhi harapan masyarakat dalam memiliki mobil yang tepat guna dengan biaya yang relatif terjangkau.

Mobil low MPV telah menjadi booming di tahun 2004 sampai sekarang ini dengan mendekati penjualan 1 juta unit selama 8 tahun. Dan mobil toyota avanza-daihatsu xenia yang di tahun 2004 berharga 80-100 juta sekarang sudah menjadi mobil mahal dengan rentang harga 140-170 juta sehingga menjadi sulit terjangkau oleh masyarakat dengan penghasilan < 5 juta per bulan.

Dengan melihat segmentasi yang masih kosong yaitu membidik masyarakat yang masih memungkinkan membeli mobil murah yaitu (1) Para pengguna kendaraan roda dua yang sudah mapan dengan keluarga anak maksimal 2 sehingga kebutuhan akan mobil menjadi sangat dibutuhkan (2) Para penguna mobil bekas yang sudah berumur 10-20 tahun seharga 50-80 jutaan (3) Ibu-Ibu dan Mahasiswa yang membutuhkan kendaraan ke-2 untuk mobilisasi jarak dekat. Toyota_Daihatsu siap memasarkan mobil murah dan berkualitas untuk masyarakat di 3 kategori tersebut di atas sehingga semua lapisan masyarakat di Indonesia bisa merasakan memiliki mobil untuk kepentingan mobilisasi keluarga.

Untuk bisa terjangkau oleh masyarakat, Toyota-Daihatsu mengembangkan mobil dengan spesifikasi sebagai berikut :
  • Mesin 1000 cc yang bertenaga dimana mesin ini berbeda dengan punya Daihatsu Xenia, mesin yang dikembangkan adalah khusus untuk mobil di Indonesia. Mesin 1,000 cc 3 Cylinder mungkin agak mirip dengan karakteristik Nissan march atau Mesin Daihatsu Xenia Li dimana raungan mesin ini sangat khas dan mesinnya harus bertenaga mulai putaran bawah. Mesin yang akan digunakan dalam proyek mobil murah ini kabarnya adalah mesin yang juga digunakan pada Toyota Aygo dan Toyota iQ. Spesifikasi yang akhirnya di pakai adalah kode mesin 1KR-DE khusus untuk pasar Indonesia dengan power 65 PS/6000 rpm dan torsi 85 Nm/3600 rpm. Spesifikasi ini lebih baik dari Xenia Li 1000 cc.
  • Hatchback 5 penumpang sehingga tidak memangsa pasar daihatsu xenia 1,000 cc yang bisa muat 7 penumpang. Di segmen hatchback 5 penumpang sudah sangat banyak pilihannya seperti karimun estilo, splash, picanto, march, spark tetapi harganya yang rata-rata 120 juta masih terlalu mahal bagi sebagian besar konsumen di Indonesia. 
  • Interior di rancang berbeda dengan mobil serupa di dunia lain, orang Indonesia yang suka mobil lega membuat mobil ini harus lega.
  • Harga < 100 Juta.....ini sungguh mengejutkan "Mobilnya kaya gimana ya.?" Itulah strategi Toyota-Daihatsu dimana dengan harga awal 80-100 juta maka akan menjadi produk termurah untuk mobil di Indonesia sehingga akan menjadi produk Booooom seperti Avanza-Xenia di tahun 2004. Dengan booomingnya produk ini maka tinggal perlahan mencari celah profit yang sempit dengan mengandalkan quantity produksi.
  • Irit dengan konsumsi BBm cukup Premium dengan RON 88. Inilah alasan utama mobil ini akan boooming jika konsumsi bbm-nya bisa > 20 km/liter dan syukur-syukur tembus >20 km/liter dan cukup menggunakan premium yang saat ini masih seharga Rp 4,500 (bandingkan dengan pertamax yang sudah menyentuh Rp 9,500). Aturan LCGC (Low Cost Green car) dari pemerintah bahkan mensyaratkan konsumsi bbm lebih dari 22 km/liter.
  • Mesin handal khas Toyota-Daihatsu sudah dibuktikan pada mesin Daihatsu seperti pada Toyota Avanza-Daihatsu Xenia dan Toyota Rush-Daihatsu Terios.
Dengan semua kelebihan tersebut diatas, maka pantaslah gebrakan toyota-daihatsu di penghujung tahun 2012 ini dinantikan semua orang yang memimpikan mobil murah dengan kualitas Toyota-Daihatsu.

Bagaimana sebenarnya sosok mobil murah ini.................??

Menurut informasi dan berbagai sumber media otomotif, namanya : Toyota Agya dan Daihatsu Ayla. keduanya diadopsi dari pendahulunya yang sudah meluncur di Jepang dan Eropa yaitu Toyota Agyo.
(Spesifikasi Exterior dan Interior tentu tidak sama dengan yang telah diproduksi di negara asalnya)

Beginilah sosok dari Toyota Agyo : Exterior (Wah kalau bentuknya seperti ini pasti banyak yang suka)


Interior Toyota Agyo



Berikut ini spesifikasi Toyota Aygo (Eropa Version)




Jika di lihat dari rasio kompresi mesin 11 : 1 maka untuk mesin yang akan dipasarkan di Indonesia mungkin akan direduksi sehingga bisa menerima bensin RON 88 (Rasio 9.0 : 1 atau 10 : 1)
Konsumsi bbm juga tergolong sangat irit dimana rata-rata untuk 100 km dibutuhkan 4.3 liter atau 1 liter bbm bisa menempuh jarak 23 km.

Bentuk Exterior dan Interior tentu saja akan sedikit berbeda dengan yang akan dipasarkan di Indonesia. Kita nantikan di gelaran IIMS 2012 PRJ Kemayoran Jakarta, 20-30 September 2012.

Akhirnya inilah penampakan Toyota Agya yang ditunggu-tunggu oleh semua pecinta otomotif nasional.

Toyota Agya Berlambang Garuda
Toyota Agya Sporty TRD


Toyota Agya Interior



Launching Toyota Agya



Untuk yang Daihatsu Alya akan mengadopsi mobil Daihatsu A-Concept yang sudah dipamerkan di IIMS 2011 tahun lalu.

Cikal Bakal Daihatsu Ayla

Daihatsu A-Concept Rancangan Anak Bangsa

Beginilah Akhirnya Penampakan Daihatsu Ayla pada launching tgl 19 September 2012.





Penampakan Ayla Merah (Photo sendiri tgl 23 September 2012 di IIMS)








Spesifikasi Toyota Agya-Daihatsu Ayla :

Engine : 1KR-DE khusus untuk pasar Indonesia, 3 Cylinder, 1000 cc
Power : 65 PS/6000 rpm
Torsi : 85 Nm/3600 rpm
Dimensi 3580 x 1600 x 1530 mm 
WheelBase 2450 mm
Radius Putar : 4.4 meter
Berat 745 kg
Velg 175/65/R14
Rem : Depan Disk Brake, Belakang Tromol.
Konsumsi BBM klaim 1 liter : 20-25 km
Kecepatan Maksimum : 150 km/jam
Plat Body = 0.7 mm
Harga : Rp 75-110 Juta



Konsep exterior kedua mobil kembar Toyota Agya dan Daihatsu Ayla akan sedikit berbeda dimana Toyota Agya mengambil konsep Toyota Aygo (Design Khas Eropda) Sedangkan Daihatsu Ayla mengambil design dari dalam negeri.

Jika melihat sosoknya yang sedikit mirip dengan Toyota Yaris dan dihargai < Rp. 100 juta, maka produk kolaborasi Toyota-Daihatsu ini akan menjadi produk yang dinantikan banyak dari masyarakat Indonesia, Semoga kualitas dan fitur safetynya tidak ditinggalkan.

<<Perkiraan Harga>>

Perkiraan Harga Daihatsu Ayla (Alya)
Daihatsu Ayla 1000 cc Standard (D) Manual Rp 75-80 Juta
Daihatsu Ayla 1000 cc Menengah (M) Manual/OtomatisRp 80-90 Juta
Daihatsu Ayla 1000 cc Luxury (X) manual/Otomatis Rp 90-100 Juta

Perkiraan Harga Toyota Agya
Toyota Agya 1000 cc Standard (E) Rp 80-90 Juta
Toyta Agya 1000 cc High-Grde (G) Rp 90-100 Juta
Toyota Agya 1000 cc Automatic TRD-Sportivo rp 100-110 Juta.

Harga tersebut di atas diposisikan dibawah harga Toyota Etios Liva, Daihatsu Xenia 1000 cc.

Kunci keberhasilan kedua mobil kembar ini adalah gelaran IIMS 2012, jika animo masyarakat sangat besar akan mobil ini dengan harga terjangkau, maka tidak mustahil angka penjualannya akan mengikuti pendahulunya yaitu Toyota Avanza-Daihatsu Xenia. Inden hingga berbulan2 mungkin saja akan terjadi karena kapasitas produksi kedua mobil ini ditahun pertama biasanya hanya sekitar 5000 unit per bulan seperti saat lahirnya Avanza Xenia.

Tidak ada salahnya jika memang sudah mulai di buka inden oleh Toyota dan Daihatsu di IIMS 2012, maka segera melakukan booking. Ulasan akan mobil ini akan sangat ramai di semua media otomotif nasional setelah dilaunching pada kisaran tanggal 19-20 September 2012.

Baca Berita Terkait
Harga dan Spesifikasi Detail Toyota Agya

12 komentar:

  1. Makin banyak pilihan apa gak makin bingung. .....buat yg blm punya....... :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bingung itu karna tidak tahu. Apabila sudah tau kendaran seperti apa yg dinginkan dengan penyesuaian kantong yang dimiliki. Pilihan pasti gak bikin bingung lagi..

      Hapus
  2. Yang realistik adalah dana dan fungsi sebuah mobil.

    BalasHapus
  3. kepingin tw betuk asli,,

    #cepet di pasarkan donk..

    BalasHapus
  4. inilah yang saya tunggu".....buruan lounching...

    BalasHapus
    Balasan
    1. informasi toyota bisa ke 08128099794 / 021.92688701 / 222e4407 | ARI TOYOTA

      Hapus
  5. Yang.. daihatsu....daihatsu... bisa indent... Pin BB 3270468D

    BalasHapus
  6. Boleh jg buat Istri ke Pasar ama nganter anak sekolah

    BalasHapus
  7. yah lumayan.. buat dipkai klo hujan

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah, Akhirnya apa yang saya nanti-nantikan segera terwujud. TRIMA KASIH TOYOTA & DAIHATSU.

    BalasHapus
  9. kalo dibawa jauh luar kota, apa kuat nih mobil...

    BalasHapus
  10. KEPINGIN TAPI SAYANG 3 SILINDER JADI ILFIL

    BalasHapus